SURVIVAL GUIDE: Let's Renew Ourselves

Bulan Ramadan jadi moment buat kita beribadah dan ngumpulin pahala. Tapi udah rajin puasa, kok kebiasaan buruk kita tetap aja jalan terus. Gimana dong cara buat hilangin kebiasaan-kebiasaan buruk kita?!
FimelaGirl Editor
12 Juni 2017

Gossiping

Siapa coba cewek yang nggak suka gossip. Kayaknya, salah satu naluri alamiah kita pasti ngomongin orang lain. Eitss... tapi ini salah satu kebiasaan jelek,lho! Apalagi kalau ternyata yang kita omongin nggak benar,kan kasian korban gosip kita. Nah, buat ngurangi kebiasaan gossip coba deh trik ini:

Stay Away From The Source of Gossip - Biasanya, kita tahu gosip karena dekat dengan sumber gosip. Sumber gosip ini macam-macam mulai dari majalah, televisi, telepon, BBM, sampai twitter. Nah buat ngurangin kebiasaan ngegosip, jaga jarak dari sumber gosip penting banget! Kurangi kebiasaan ngecek dan komen di  timeline Twitter, jangan jawab telepon atau BBM dari teman gosip kamu. Nggak baca atau nonton acara gosip juga bisa ngebantu kita ngurangi kebiasaan buruk ini.

Focus on Things You DO Like - Gosip muncul biasanya karena kita terlalu fokus sama kejelekan orang lain kayak sifat, penampilan, sampai tingkah laku orang itu. Sekarang coba deh fokus sama hal yang kita suka dari orang lain. Jadi pas kita ngomongin orang itu, otomatis kita ngomongin hal-hal bagus dan yang kita suka tentang dia.

Pause a Moment and Give Yourself Time Limit - Mulai deh kebiasaan buat berhenti sejenak sebelum menceritakan tentang orang lain. Pikirin apa cerita kita bakal berefek negatif atau positif buat orang itu. Kalau cerita kita malah bikin dia tambah jelek di mata orang lain, ya lebih baik nggak usah diceritain. Cara lain kita juga bisa bikin batas waktu waktu menceritakan tentang sesuatu. Misalnya, kita cuma boleh menceritakan suatu topik selama 1-2 menit. Kalau udah sampai batas waktunya, ganti dengan topik yang lain. Cara ini efektif banget mencegah kita buat ngegosip terlalu panjang tentang seseorang.

 

Comments

 

Tweet @FIMELAGirl

 

Can't find what are you looking for? Try our search tool.